Spionase Bawah Air

(Undewater Espionage)

(0)
  • Inovator:
    • 1. Dhaniyanto Mayrendra Rasyid
    • 2. I Gede Mahendra Wijaya
    • 3. I Made Teguh Wirayudha
    • 4. Sri Pujiyati
  • Kategori: Pangan

Deskripsi Singkat

Produktivitas induk ikan dapat diukur dengan menggunakan metode analisis suara. Suara yang dihasilkan oleh ikan menunjukkan karakter fisik dan fisiologiikan. Karakter suara tersebut tergantung kualitas induknya. Suara yang direkam, difilter, dan diisolasi dengan melihat kisaran frekuensinya. Semakin sempit kisaran dan intensitas suara maka kualitas induk semakin baik. Metode analisis suara dengan menggunakan hydrophone akan semakin banyak digunakan karena relatif mudah dan tidak melukai ikan.

Description :

A sound analysis method to study pattern and characters of sea mammals, can also be used to determine physiology characteristics of fish. This method can replace conventional method of visually analysing fish gonad (sexual organ) to determine its productivity potentials. This new method is harmless to the fish, faster, and is more objective to determine fish characteristics.
Keunggulan :
1. Ini merupakan inovasi yang menggunakan metode baru dan pertama kali dalam kajian produktivitas ikan dengan menggunakan metode akustik 2. Nilai tambahnya adalah lebih mudah dan praktis dengan menggunakan metode yang sederhana 3. Lebih aman digunakan tanpa melukai induk ikan sehingga lebih ramah lingkungan 4. Dapat digunakan oleh petani ikan dalam skala besar untuk menentukan kualitas induk dalam jumlah yang besar 5. Mampu membedakan induk Sumber: 100 plus Inovasi Indonesia
Status Paten :

Dalam Proses Permohonan Paten

Tidak Ada
KEMBALI KE ATAS