Kearifan Lokal Nan Modern untuk Ibu

(Modernized Local Wisdom for Mothers )

(0)
  • Inovator:
    • 1. Katrin Roosita
    • 2. Siti Sa'diah
    • 3. Letje Wientarsih
  • Kategori: Biomedis

Deskripsi Singkat

Inovasi berkaitan dengan pengembangan sediaan madu-galohgor sebagai nutraceutical berbasis lokal untuk kecukupan gizi ibu menyusui. Produk madu galohgor memiliki manfaat yang tidak hanya mampu meningkatkan kesehatan ibu (terutama pascamelahirkan) dan anak, tapi juga dapat mendorong peningkatan pemanfaatan kearifan budaya dan tanaman lokal sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan petani lokal tanaman obat.

Description :

Mother and child health is one indicator for the success of health development. Honey for Breastfeeding Mothers is an innovation of honey combined with Galohgor Plant as a local based nutraceutical to fulfill the needed nutrition of breastfeeding mothers. Galohgor based honey is capable of improving maternal health (especially post-natal) and child (BIC 2015).
Keunggulan :
1. Teknologi ekstraksi yang cukup sederhana 2. Penggunaan bahan yang aman dan relatif murah untuk proses ekstraksi 3. Dapat diaplikasikan pada industri kecil dan menengah 4. Peningkatan nilai tambah terhadap produk awalnya. 5. Teknologi ini dapat meningkatan martabat dan peningkatan manfaat Galohgor yang selama ini telah dikonsumsi secara turun temurun oleh masyarakat Suku Sunda dan dirasakan manfaatnya untuk meningkatkan produksi ASI dan meningkatkan kesehatan, khususnya pascapersalinan. 6. Secara in vivo terbukti bahwa pemberian Galohgor pada tikus postpartum dapat mempercepat involusi uterus dan meningkatkan produksi susu.
Status Paten :

Paten granted ()

Tidak Ada
KEMBALI KE ATAS