Dari Spirulina untuk Nona Lina

(0)
  • Inovator:
    • 1. Dr. Ir. Iriani Setyaningsih, M.S
  • Kategori: Biomedis

Deskripsi Singkat

Inovasi ini mengembangkan pelembab bibir (lip balm) dengan bahan lemak Spirulina yang tersedia secara lokal, untuk menggantikan minyak zaitun yang diimpor, harganya mahal dan lead-time pengadaan yang lama. Lemak Spirulina mengandung lemak dan asam lemak tidak jenuh seperti linolenat, gamma linolenat, linoleat, eikosapentaenoat acid (EPA), arakhidonat, oleat, palmitoleat yang ideal dijadikan sebagai bahan sediaan pelembab bibir. Spirulina juga memiliki senyawa bioaktif yang berperan sebagai antioksidan, antibakteri dan anti aging; dan sesuai digunakan pada iklim tropis, khususnya di daerah dengan kondisi cuaca yang memicu bibir menjadi pecah-pecah.

Description :

This innovation developed lip balms with locally available Spirulina fat, to replace imported olive oil, that is expensive, and has long ordering lead-times. Spirulina fats contain fats and unsaturated fatty acids such as linolenic acid, gamma linolenic acid, linoleic acid, eicosapentaenoic acid (EPA), arachidonate, oleic, palmitoleic, ideally used as lip moisturizing preparations. Spirulina also has bioactive compounds that act as antioxidants, antibacterial and anti aging suitable for use in tropical climates, especially in areas with weather conditions that trigger chapped lips.
Keunggulan :
  • Spirulina merupakan mikroalga yang mudah dikultivasi (di dalam maupun di luar ruangan), bahkan dapat menggunakan media pupuk, dan dapat dipanen secara kontinyu. 
  • Spirulina termasuk produk mikroalga kategori foodgrade (aman dikonsumsi). 
  • Spirulina memiliki kandungan asam amino lengkap, sehingga baik dijadikan bahan sediaan pelembab bibir.
Status Paten :

Ingin Namun Belum Didaftarkan

Tahap Pengembangan :

Prototype Skala Lab

Nilai TKT :

4

Potensi Aplikasi :

Inovasi ini khusus diaplikasikan sebagai produk pelembab bibir (lip balm), dengan potensi pengembangan menjadi produk-produk kosmetika lainnya di masa depan.

Kolaborasi yang diinginkan:
  • Kerjasama Lisensi
  • Tidak Ada

    INOVASI TERKAIT

    KEMBALI KE ATAS