Sapi Super Lawan Flu Burung

(0)
  • Inovator:
    • 1. Anita Esfandiari
  • Kategori: Biomedis

Deskripsi Singkat

Highly pathogenic Avian Influenza (HPAI) H5N1, atau flu burung selain ganas pada unggas tetapi juga sangat mematikan bagi manusia. Inovasi ini mengembangkan vaksin flu burung dari Immunoglobulin G (IgG) alami kolostrum sapi, dengan melakukan hiperimunisasi melalui vaksinasi AI H5N1 pada induk sapi bunting. Sapi akan memproduksi antibodi spesifik terhadap virus flu burung di dalam darahnya yang ditransfer secara efektif ke dalam kolostrum. Imunoglobulin G (IgG) dapat diperoleh dari kolostrum sapi tanpa harus menyakiti hewan tersebut.

Description :

Highly pathogenic Avian Influenza (HPAI) H5N1, or bird flu, is not only virulent in poultry but also very deadly to humans.This innovation developed the avian influenza vaccine from natural immunoglobulin G (IgG) of cow colostrum, by hyperimmunizing pregnant cows through vaccination of AI H5N1. Cows will produce specific antibodies to the avian influenza virus in their blood which are effectively transferred into colostrum. Immunoglobulin G (IgG) can be obtained from cow colostrum without having to hurt the animal.
Keunggulan :

Keunggulan Inovasi

  • G (IgG) dapat diperoleh dari kolostrum sapi tanpa harus menyakiti atau menyebabkan stress pada sapi.
  • Imunoglobulin G (IgG) dari kolostrum sapi  menghasilkan antibodi dengan kadar yang tinggi.
  • Membuka peluang pengembangan kolostrum yang mengandung antibodi spesifik; untuk menanggulangan berbagai penyakit pada manusia dan hewan lainnya.
Status Paten :

Ingin Namun Belum Didaftarkan

Tahap Pengembangan :

Prototype Skala Lab

Nilai TKT :

4

Potensi Aplikasi :

Selain pengembangannya untuk menanggulangi penyakit flu burung H5N1, inovasi ini dapat diaplikasikan penanggulangan berbagai penyakit pada manusia lainnya; dengan memanfaatkan kolostrum sapi sebagai pabrik biologis antibodi Immunoglobulin G (IgG).

Kolaborasi yang diinginkan:
  • Kerjasama Pra Lisensi
  • Tidak Ada

    INOVASI TERKAIT

    KEMBALI KE ATAS