Bibit Bawang Bebas Virus

(0)
  • Inovator:
    • 1. Prof. Dr. Elisabeth Sri Hendrastuti
    • 2. Dr. Diny Dinarti
  • Kategori: Pangan

Deskripsi Singkat

Penggunaan umbi bawang merah (Allium cepa L.) yang bebas virus sebagai benih akan menentukan keberhasilan panen. Metode eliminasi virus yang dikembangkan adalah kombinasi metode pemanasan umbi menggunakan air panas, metode kultur jaringan menggunakan meristem apikal dengan perlakuan pemanasan suhu kering, dan penambahan bahan antiviral Ribavirin. Disimpulkan bahwa metode eliminasi virus untuk setiap kultivar bawang merah memerlukan perlakuan yang berbeda-beda.

Description :

The use of virus-free shallots (Allium cepa L.) seeds is essential for the success of its harvest. The virus elimination method developed was a combination of tuber heating methods using hot water, tissue culture methods using apical meristems with dry temperature heating treatment, and the addition of Ribavirin antiviral ingredients. It was concluded that the viral elimination process for each shallot cultivars require different methods
Keunggulan :

1. Inovasi ini memelopori proses dentifikasi dan indexing virus-virus umbi benih, yang saat ini belum banyak diketahui.

2. Inovasi ini memelopori penggunaan umbi sehat bebas virus, dan menetapkan kombinasi metoda untuk menyediakan umbi sehat yang bebas virus bagi petani.

3. Pengenalan metode kombinasi penggunaan kultur jaringan, perlakuan pemanasan, dan pemberian bahan antiviral, sebagai langkah awal mendapatkan benih yang bermutu.

4. Petani bawang merah dapat belajar mengetahui jenis-jenis virus penting yang menginfeksi bawang merah

Status Paten :

Ingin Namun Belum Didaftarkan

Tahap Pengembangan :

Pembuktian konsep

Nilai TKT :

6

Potensi Aplikasi :

Pengetahuan mengenai jenis-jenis virus penting yang menginfeksi bawang merah di lapangan dan umbi benih di tempat penyimpanan serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman menjadi informasi yang sangat penting untuk meningkatkan pemahaman pentingnya menggunakan benih yang sehat . Konsep sertifikasi umbi benih bawang merah yang bebas patogen akan dapat dibangun dalam rangka meningkatkan produksi bawang merah nasional. Teknik eliminasi virus untuk mendapatkan benih bawang merah sehat

Kolaborasi yang diinginkan:
  • Kerjasama Pra Lisensi
  • Kerjasama Lisensi
  • Kerjasama Pemasaran Produk
  • Kerjasama Pengembangan Skala Produksi (Uji Skala Industri)
  • Joint Venture
  • Tidak Ada

    INOVASI TERKAIT

    KEMBALI KE ATAS