Limbah BBM Sumber BBM

(0)
  • Inovator:
    • 1. Prof. Dr. Ir. Erliza Hambali
  • Kategori: Energi

Deskripsi Singkat

Water Based Mud (WBM) dan Oil Based Mud (OBM) dengan bahan aditif gliserol dan gliserol ester, yang selain merupakan drilling fluids ramah lingkungan dan biodegradable, juga merupakan stabilitor yang potensial dalam proses pemboran. Gliserol yang digunakan untuk formulasi WBM dan OBM adalah produk sampingan / limbah industri biodiesel yang diproses dengan pemurnian bertingkat sampai ke tingkat kemurnian 80% - 99%.

Description :

Water Based Mud (WBM) and Oil Based Mud (OBM) with glycerol and glycerol esters as additives, is environmentally friendly and biodegradable drilling fluids, and also a potential stabilizer in the petroleum drilling process. Glycerol used for WBM and OBM formulations is byproduct / waste of biodiesel processing, which is further processed through a multilevel purification to a purity level of 80% - 99%.
Keunggulan :

1. Aplikasi gliserol dalam formulasi WBM dan gliserol ester untuk OBM menciptakan nilai tambah bagi pemanfaatan produk samping / limbah proses pembuatan biodiesel.

2. Gliserol maupun Gliserol Ester memiliki nilai pour point rendah dan flash point tinggi, sehingga tahan dipakai pada sumur dengan suhu reservoir yang tinggi, selain juga tahan dipakai pada pemboran sumur di laut dalam dengan suhu rendah, karena tidak mudah membeku.

3. WBM dan OBM yang dihasilkan bersifat ramah lingkungan biodegradable, dan bersumber dari bahan terbarukan.

Status Paten :

Ingin Namun Belum Didaftarkan

Tahap Pengembangan :

Pembuktian konsep

Nilai TKT :

5

Potensi Aplikasi :

Gliserol murni dan gliserol ester yang dihasilkan membuka peluang baru yaitu perluasan aplikasi gliserol dari minyak sawit di industri perminyakan, khususnya sebagai bahan aditif pada drilling fluids untuk pemboran sumur minyak baik sumur pengembangan maupun workover sumur-sumur minyak yang sudah ada. Diharapkan dengan adanya teknologi pemanfaatan gliserol dan gliserol ester yang merupakan turunan dari minyak sawit sebagai bahan aditif pada lumpur pengeboran, dapat memberikan inovasi baru bagi i

Kolaborasi yang diinginkan:
  • Kerjasama Lisensi
  • Kerjasama Pengembangan Skala Produksi (Uji Skala Industri)
  • Joint Venture
  • Kerjasama Pra Lisensi
  • Kerjasama Pemasaran Produk
  • Tidak Ada

    INOVASI TERKAIT

    KEMBALI KE ATAS