Penangkal Udang Mabok

(0)
  • Inovator:
    • 1. Yuni Puji Hastuti, S.Pi, M.Si
  • Kategori: Pangan

Deskripsi Singkat

Salah satu kendala budidaya tambak udang adalah terakumulasinya limbah nitrogen berupa amonia. Inovasi ini mengembangkan bioremediator nitrifikasi Halomonas sp. dari perairan Indonesia yang terukur nilai laju aktivitasnya dan diformulasikan dengan media pembawa spesifik. Pada uji lapangan di tambak udang vaname (L. vannamei), kadar amonia dapat diturunkan sampai 98%, sehingga kelangsungan hidup udang vaname mencapai 80%.

Description :

In shrimp farming the accumulation of nitrogenous waste in the form of ammonia is serious problem. This innovation develops the nitrification bioremediator Halomonas sp., that have measurable rate of activity, in specially formulated media. The field test in vaname shrimp farm (L. vannamei), ammonia levels was reduced up to 98%, and the survival of the vaname shrimp can reach 80%. The product is in powder form, so that the quality, safety, and ease of distribution can be better assured, compared to other products that are generally in liquid form.
Keunggulan :

1. Inovasi bioremediator ini memiliki aktivitas nitrifikasi spesifik dan terukur, dan telah teruji dapat mengurangi limbah nitrogen anorganik (amonia) sampai 98%.

2. Produk ini tidak meninggalkan residu di lingkungan, sehingga dapat digunakan secara terus menerus.

3. Disiapkan dalam bentuk bubuk, sehingga kualitas dan keamanannya lebih terjamin, dan kemudahannya untuk disimpan dan didistribusikan juga lebih baik.

Status Paten :

Ingin Namun Belum Didaftarkan

Tahap Pengembangan :

Prototype Skala Lab

Nilai TKT :

4

Potensi Aplikasi :

Bubuk ajaib penurun limbah amonia beracun di lingkungan air tambak ini telah teruji skala laboratorium, high scale indoor dan skala outdoor (tambak) yang sebelumnya telah diuraikan di deskripsi. Remediator Halomonas sp. merupakan bakteri terpilih hasil screening di air laut Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Morfologi koloni ini secara umum memiliki koloni besar, berwarna cream, dan berlendir sedangkan untuk morfologi sel berbentuk basil dan merupakan bakteri gram negatif. Berdasarkan laju

Kolaborasi yang diinginkan:
  • Kerjasama Lisensi
  • Kerjasama Pemasaran Produk
  • Kerjasama Pengembangan Skala Produksi (Uji Skala Industri)
  • Joint Venture
  • Kerjasama Pra Lisensi
  • Tidak Ada

    INOVASI TERKAIT

    KEMBALI KE ATAS