Ayam Lokal Bongsor Bikin Untung

(0)
  • Inovator:
    • 1. Prof. Dr. Iir Cece Sumantri, M.Sc
    • 2. Dr. Ir. Dri Darwati, M.Si
  • Kategori: Pangan

Deskripsi Singkat

Inovasi ini mengembangkan ayam silangan lokal dengan tujuan menghasikan ayam pedaging lokal yang dapat tumbuh cepat. Hal ini dilakukan dengan introduksi gen Pertumbuhan cepat ayam ras pedaging, disilangan dengan 3 rumpun ayam lokal (ayam kampung, pelung, dan sentul) sehingga komposisi genetiknya menjadi 75% genetik ayam lokal dan 25% ayam ras. Ayam yang dihasikan, PSKM G1 merupakan ayam komposit hasil persilangan antara jantan F1 PS (Pelung x Sentul) dengan betina FI KM (kampung x ayam ras parent stock Cobb). Setelah melalui proses kawin silang selama 5-6 generasi berturut turut, dihasilkan ayam pedaging okal unggul IPB-D1 yang cepat tumbuh dengan kualitas daging yang baik dan tahan penyakit. Performa bobot tubuh yang hampir sama dengan ayam ras pedaging pada umur potong (10-12 minggu).

Description :

This innovation develops local cross breed chickens witth the aim of producing fast growing Iocal broilers. This done by inroducing fast growth genes of broilers cossed with 3 Breeds of chicken (Kampong Chicken, Pelung. And Sentul so that the genetic composition is 75% Iocal chicken genetics and 25% parent stock Cobb. After going through the cross-breeding process For 5-6 consecutive generation, the superior local chicken IPB-D1 were produced which fastgrowing, having good meat quality, and disease resistance. The bodyweight performance of this breeds comparable to commercial broilers at slaughter age of 10-12 weeks.
Keunggulan :
  • Menghasikan ayam lokal dengan kecepatan tumbuh yang cepat dalam 10-12 minggu mencapai bobot potong.
  • Memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap Salmonella dan tetelo/NO).
  • Tetap menghasilkan pertumbuhan yang baik dengan menggunakan pakan konvensional dedak padi hingga 40% dikombinasikan dengan 60% pakan komersial untuk ayam pedaging.
  • Dapat dipaihara secara semi intensif seperti ayam kampung di pedesaan maupun secara intensif seperti di industri petemakan ayam ras.
  • Persentase karkas ayam mencapai 68,06% lebih tinggi dari rata-rata ayam kampung (49,6%)
Status Paten :

Tidak Perlu Paten

Tahap Pengembangan :

Telah diimplementasikan

Mekanisme implementasi :
Nilai TKT :

5

Potensi Aplikasi :

Bibit ayam lokal unggul ini telah dilisensikan ke perusahaan peternakan ayam yang memproduksi bibitnya bagi peternak ayam di sekitarnya. Inovasi ini dapat lebih lanjut dikembangkan sebagai bisnis bibit ayam yang berkelanjutan, melalui sistem peternakan semi-intensif dan sistem intensif berbasis sumber daya lokal, baik dalam hal penyediaan bibit ayam maupun penyediaan pakannya.

Kolaborasi yang diinginkan:
  • Kerjasama Lisensi
  • Kerjasama Pemasaran Produk
  • Kerjasama Pengembangan Skala Produksi (Uji Skala Industri)
  • Joint Venture
  • Tidak Ada
    ilham pandu firmansyah
    pada 09 September 2022

    selam sejahtera Perkenalkan Nama saya Ilham Pandu Firmansyah dengan NIM J0301201066 dari fakultas sekolah vokasi prodi Komunikasi, Media, dan Digital, maksud dan tujuan saya menghubungi Prof. Dr. Iir Cece Sumantri, M.Sc dan Dr. Ir. Dri Darwati, M.Si ingin mohon ijin untuk bersedia kami wawancarai terkait inovasi yang telah di buat, wawancara ini akan menjadi bahankami untuk memperkenalkan inovasi ini ke masyarakat dan hal ini umtuk melengkkapi tugas kami di mata kuliah produksi video dan film. oleh karena itulah saya memohon ke bersediaannya untuk kami wawancarai. terima kasih atas perhatiannya

    INOVASI TERKAIT

    KEMBALI KE ATAS